TELAGA SARANGAN DAN WISATA UNGGULAN MAGETAN DI LERENG GUNUNG LAWU

Diposting pada

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Lawu yang memiliki seribu pesona indah nan menawan. Gunung  Lawu merupakan salah satu gunung non aktif yang terletak diantara Magetan, Jawa Timur dan Karanganyar, Jawa Tengah. Terdapat berbagai macam objek wisata yang terdapat di lereng Gunung Lawu, salah satunya yaitu Telaga Sarangan. Telaga Sarangan merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Magetan. Gambaran mengenai Telaga Sarangan ini adalah sebuah telaga yang ditengahnya terdapat pepohonan yang menyerupai pulau kecil.

Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan dan Wisata Unggulan Magetan di Lereng Gunung Lawu

Telaga Sarangan sendiri terletak di ketinggian 1.200 mdpl Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan dengan luas telaga 30 hektar dan memiliki kedalaman 28 meter. Suhu udara di Telaga Sarangan berkisar antara 10 sampai 200C. Untuk menuju Telaga Sarangan dari pusat pemerintahan Kabupaten Magetan sekitar 16 kilometer yang dapat ditempuh dengan menggunakan motor atau mobil pribadi. Jalan menuju Telaga Sarangan saat ini sudah bisa dikatakan baik karena terus menerus dilakukan perbaikan. Dijamin wisatawan tidak akan bosan dalam perjalanan menuju Telaga Sarangan karena disepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan yang indah nan permai, seperti hasil pertanian wortel, kubis, sledri, padi, stroberi dan berbagai hasil pertanian lainnya.

Tiket masuk Telaga Sarangan

Tiket masuk Telaga Sarangan adalah Rp.7.500 (Dewasa) dan Rp.5.000 (Anak-anak). Kita bisa menikmati keindahan alam yang terdapat di Telaga Sarangan dengan menaiki kuda ataupun speed boat dengan tarif masing-masing Rp.50.000. Apabila ingin bersantai, maka alangkah indahnya apabila mengelilingi Telaga Sarangan dengan menggunakan kuda sedangkan apabila ingin menikmati Telaga Sarangan di airnya langsung maka dapat menyewa speed boat.Tapi ingat yah jangan sampai nyebur ke telaganya langsung. hehee

Kuliner Di Telaga Sarangan

Setelah puas menikmati dan berkeliling Telaga Sarangan, maka selanjutnya yang paling tepat adalah menikmati kuliner khas yaitu sate kelinci. Di sekitar Telaga Sarangan terdapat banyak orang yang menjajahkan sate kelincinya dimana satu porsi dipatok seharga Rp.10.000, apabila pakai lontong tinggal nambah Rp.2.000.  Termasuk murah kan???? kenyang pula… Di sekitar Telaga Sarangan terdapat suatu tempat yang merupakan pusat oleh-oleh khas Sarangan yang menyediakan pakaian, makanan khas, tas, topi, gantungan kunci, boneka, sayur-sayuran, buah-buahan dan bahkan juga bunga sekalipun. Kita sebagai wisatawan harus pandai-pandai untuk menawar oleh-oleh khas Sarangan tersebut. Untuk baju anak-anak dibandrol dengan harga Rp.30.000 sampai Rp.40.000 tergantung dari bahan yang digunakan, sedangkan untuk harga makanan khas Kabupaten Magetan berkisar antara Rp.15.000 sampai Rp.25.000.

Indahnya pemandangan yang disajikan oleh Telaga Sarangan akan membuat wisatawan enggan meninggalkan Telaga Sarangan dan tidak mau menyia-nyiakan pemandangan di Telaga Sarangan terutama di malam hari. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menginap di penginapan yang terdapat disekeliling telaga. Tempat Penginapan yang tersedia sangat beragam mulai dari hotel berbintang, hotel kelas melati dan pondok wisata dengan berbagai tarif harga yang berbeda. Untuk wisatawan yang beragama islam tidak perlu khawatir karena disediakan masjid sebagai tempat ibadah dan melepas penat sesaat.

Acara Penting Tahunan di Telaga Sarangan

Telaga Sarangan memiliki beberapa kalender event penting tahunan, yaitu labuh sesaji pada Jum’at Pon Bulan Ruwah, liburan sekolah dipertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram dan pesta kembang api dimalam pergantian tahun. Ketika telah berada di Telaga Sarangan tidak ada salahnya jika mampir juga dibeberapa tempat wisata sekitar Telaga Sarangan seperti :

Tempat Wisata Lain Unggulan di Magetan

Agrowisata Stroberi Magetan

Telaga Sarangan dan Wisata Unggulan Magetan di Lereng Gunung Lawu

Lokasi dari agrowisata ini tidak jauh dari Telaga Sarangan, kurang lebih hanya sekitar 1 km saja lho… buah stroberi yang ada di agrowisata ini merah, ranum dan rasanya masam bercampur manis. Dahulunya sebelum menjadi kebun stroberi merupakan kebun sayur mayur, namun diubah menjadi agrowisata untuk menambah nilai ekonomi penduduk setempat. Untuk bisa menikmati agrowisata ini, wisatawan tidak perlu membayar serupiahpun alias gratis untuk bisa berfoto selfie dengan stroberi-stroberi ini. Akan tetapi, apabila wisatawan memetik buah stroberi maka dikenakan biaya sebesar Rp.50.000 sampai Rp.60.000 per kilogram stroberi. Memang cukup mahal, namun sensasi untuk bisa memetik sendiri itu lebih menyenangkan.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Telaga Sarangan dan Wisata Unggulan Magetan di Lereng Gunung Lawu

Grojogan sewu ini merupakan salah satu wisata alam yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Magetan, meskipun wisata ini terletak cukup jauh dari Telaga Sarangan kurang lebih berjarak 27 km. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Hawa sejuk terasa karena wisata ini berada disebuah hutan yang masih asri dan alami ditambah dengan banyaknya pepohonan akan semakin membuat suasana rindang dan lebih sejuk. Tidak hanya menikmati keindahan air terjun, namun kita juga bisa belanja sayur atau buah-buahan. Disekitar pintu masuk disediakan persewaan kuda untuk berkeliling dengan membayar Rp.15.000 untuk sekali putaran. Untuk tiket masuk sendiri cukup membayar Rp.6.000 kita bisa menikmati keindahan air terjun grojogan sewu.

Telaga Wahyu

Telaga Sarangan dan Wisata Unggulan Magetan di Lereng Gunung Lawu

Telaga Wahyu letaknya 22 km sebelum Telaga Sarangan, meskipun tak seindah dan sepopuler Telaga Sarangan namun telaga ini tidak kalah asri dan sejuknya.Aksesnya lebih mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Telaga yang indah ini lebih dikenal sebagai tempat wisata pemancingan. Telaga Wahyu memang sengaja ditebari berbagai macam benih ikan, sehinngga tempat ini merupakan tempat pemancingan dan sering juga dimanfaatkan untuk berkemah. Didekat Telaga Wahyu, terdapat sebuah mata air alami yang bernama Sumber Tamtu dimana menurut legenda mata air Tamtu ini memiliki khasiat untuk membuat orang awet muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *