Cara Menjaga Kesehatan Baterai Tanam Supaya Awet

Diposting pada
Cara Menjaga Kesehatan Baterai Tanam Supaya Awet

Cara Menjaga Kesehatan Baterai Tanam Supaya Awet – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tips menjaga kesehatan baterai tanam. Apakah anda sudah tahu caranya ?, jika belum anda tepat datang diblog ini. Yuk langsung simak pembahasan dibawah ini dengan seksama.

Di gadget keluaran terkini, baterei tanam semakin banyak dipakai dibanding baterei yang dapat dilepas-pasang. Baterei tanam membuat bodi handphone bertambah lebih tipis hingga penampilannya bertambah bagus. Disamping itu, dengan baterei tanam, pabrikasi handphone dapat membuat ponsel yang makin tertutup dengan material yang makin kuat. Situasi ini membuat ponsel menjadi lebih tahan air serta debu juga tidak gampang masuk ke komponen.

Dengan baterei tanam, slot untuk sim card dapat juga dipindahkan ke lokasi yang gampang dicapai. Baterei tanam lebih tahan lama dibanding baterei pasang terlepas. Sayangnya, bila baterei tanam rusak, Anda akan kesusahan untuk mengubahnya serta harus membawanya ke tempat service.

Bila handphone Anda memakai skema baterei tanam atau non-removable, janganlah lupa untuk lakukan perawatan tambahan untuk menghindar berlangsungnya kerusakan. 

Cara Menjaga Kesehatan Baterai Tanam Supaya Awet

Nah, di bawah ini beberapa cara menjaga baterei handphone non-removable supaya bertambah bertahan lama.

1. Pakai Charger Asli atau Original

Untuk menjaga baterei non-removable yang pertama kali harus jadi perhatian ialah jaga supaya arus listrik yang diterima baterei terus sesuai dengan serta aman, pakai charger asli atau orisinal setiap waktu isi baterei. Charger asli telah disamakan oleh pabrikasi agar isi baterei dengan efisien.

Tetapi, bila Anda sangat terpaksa memakai charger yang bukan buatan pabrik, pastikan arus yang diterima oleh handphone Anda sesuai arus yang diperlukan oleh baterei.

Baca JugaCiri Ciri Konektor HP Rusak dan Cara Mengatasinya

2. Jangan Lupa Check Suhu Baterei Handphone

Suhu yang diperlukan handphone ialah suhu kamar, yakni 18-35 derajat celcius. Bila begitu rendah, baterei Anda akan alami pengurangan kemampuan. Kebalikannya, baterei yang begitu panas bisa menghancurkan elemen yang berada di handphone.

Karena itu, tekankan untuk simpan serta memakai handphone dalam tempat yang sejuk. Jangan meletakkannya di beberapa tempat bersuhu tinggi contohnya di atas mesin-mesin yang berpijar supaya temperaturnya tidak meninggi. Kasih waktu istirahat handphone Anda serta janganlah sampai memakainya terus-terusan sampai panas.

Bila handphone yang Anda punya tidak mempunyai pengukur temperatur, Anda dapat mengambil aplikasi pengukur temperatur yang banyak diketemukan di Google Play Store.

3. Isi Baterei Handphone Sebelum Sampai 30%

Bila Anda kerap biarkan baterei handphone Anda habis, karena itu kemampuan baterei tanam dapat menyusut serta usia baterei itu bertambah lebih pendek. Karena itu, waktu daya handphone Anda capai 30%, segera lakukan pengisian memakai charger original.

Bila dipakai untuk perjalanan jarak jauh, Anda dapat manfaatkan power bank sekedarnya, tapi jangan sering sebab daya yang diberi tidak selamanya konstan serta dapat beresiko untuk handphone Anda.

4. Hindari Pengisian Daya Terlalu berlebih

Walau handphone era saat ini mempunyai kekuatan untuk memutuskan daya bila telah capai 100%, tetapi dianjurkan jangan kelamaan biarkan handphone pada kondisi charging sepanjang beberapa jam. Selain bisa mengakibatkan baterei jadi melembung, untuk beberapa masalah, baterei bisa meledak.

Baca JugaCara Mengirim Powerpoint Lewat Email dengan Mudah

5. Jangan Pakai Handphone Saat Isi Daya

Disamping itu untuk menjaga baterei non-removable perlu dimengerti jika handphone pada kondisi charging, jangan pakai untuk bermain game, memutar musik, terima telephone atau memakainya untuk pekerjaan yang lain. Dianjurkan untuk mengatur handphone pada kondisi mode pesawat atau sekaligus dimatikan saja, dengan demikian baterei tidak cepat panas.

6. Kurangi Bermain Game

Bila Anda termasuk juga orang yang menyukai bermain Game Mobile, dianjurkan untuk kurangi durasi permainan optimal 2 jam satu hari. Operasi Game Mobile memakai sebagian besar kekuatan handphone Anda. Oleh karenanya, di dalam bermain game baterei semakin lebih cepat panas. Dengan memberi interval waktu main game atau batasi waktunya, suhu handphone Anda semakin lebih konstan.

7. Isi Penuh Baterei Bila tidak Dipakai dalam Waktu Lama

Bila Anda akan melancong atau mungkin tidak memakai handphone pada waktu lama, dianjurkan untuk isi penuh baterei serta mematikannya. Dengan demikian, baterei handphone Anda akan siap dipakai serta lebih tahan lama bila satu waktu diperlukan. Tetapi, janganlah lupa untuk lakukan pemenuhan daya tiap 2 sampai tiga minggu sekali, dengan demikian baterei handphone tidak cepat aus.

8. Matikan Handphone Beberapa Jam Setiap Hari

Beberapa orang biarkan handphone mereka menyala, bahkan juga di waktu malam hari pada kondisi tidur. Jangan dibiarkan rutinitas ini berjalan, sebab batereinya akan cepat aus. Seharusnya matikan handphone ketika akan pergi tidur, supaya batereinya semakin tahan lama.

9. Cermati Aplikasi yang Dipasang

Atur aplikasi yang Anda pasang secara baik, jangan pasang aplikasi yang tidak dibutuhkan. Kebanyakan menempatkan aplikasi akan habiskan memory dan kuras daya baterei Anda. Aplikasi yang dipasang terus berjalan di background tiada Anda kenali.

Baca Juga3 Cara Membuat Background di Microsoft Word

10. Pasang Aplikasi untuk Mengawasi Kesehatan Baterei

Untuk jaga performa serta ketahanan baterei, sekalian melihat arus yang masuk di dalamnya, Anda perlu menempatkan aplikasi untuk mempertahankan kesehatan baterei. Terdapat beberapa aplikasi di Google Play Store, seperti Greenify atau DU Baterai Saver yang dapat dipakai untuk kepentingan ini.

Demikian artikel Cara Menjaga Kesehatan Baterai Tanam Supaya Awet, baterei handphone Anda dijamin dapat bertahan semakin lama. Selamat mempraktikkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *