Cara Memotret Kembang Api Pakai Ponsel

Diposting pada
Cara Memotret Kembang Api Pakai Ponsel

Cara Memotret Kembang Api Pakai Ponsel – Pesta kembang api selalu menarik pandangan mata. Dan, sering kali kita berniat ingin mengabadikan pesta tersebut menggunakan kamera ponsel, agar sewaktu-waktu kita bisa memperlihatkannya kepada saudara, teman atau kerabat lainnya.

Hanya saja, ternyata tak mudah menangkap momen ledakan kembang api yang atraktif tadi. Menggunakan kamera ponsel tentulah kita tak bisa terlalu berharap hasilnya serupa jepretan kamera profesional. Tapi, ternyata ada tips/trik yang bisa mengoptimalkan kamera ponsel Anda agar bisa memotret kembang api tersebut dengan baik, yang menakjubkan.

Cara Memotret Kembang Api Pakai Ponsel

1. Aplikasi

Kamera ponsel sayangnya tidak dilengkapi fitur untuk memotret kembang api. Kekurangan tersebut ada pada lensa wide-angle dan keterbatasan kontrol aperture atau shutter speed. Tapi jangan terlalu risau karena saat ini ada beragam aplikasi yang akan membantu menutup kekurangan pada kamera smartphone.

  • Download Top Camera for iOS : disini
  • Download Zoom Camera for Android : disini

Sebuah saja aplikasi seperti Top Camera bisa menjadi solusi. Aplikasi iOS ini memiliki kemampuan untuk memaksa iPhone menggunakan shutter mode yang lebih rendah. Dengan demikian Anda bisa menangkap pergerakan dan cahaya kembang api. Di Android, Anda bisa menggunakan aplikasi gratis Zoom Camera yang dilengkapi Fireworks mode.

Baca Juga7 Tips Hindari Radiasi Ponsel

2. Flash

Jika smartphone Anda dilengkapi Flash, pastikan Anda mematikannya saat memotret kembang api. Flash bukan saja mengganggu saat memotret di malam hari dan di tengah keramaian tetapi juga menjadikan hasil foto lemah.

3. Lokasi

Anda juga perlu memperhatikan dari mana Anda akan memotret kembang api. Pastikan Anda menghindari hal-hal berikut:

  • Area dengan banyak lampu jalan atau tempat yang terlalu terang.
  • Pastikan kembang api ada di hadapan Anda, bukan di atas kepala Anda.
  • Carilah area yang cukup luas, hindari gedung atau pepohonan.
  • Hindari juga banyaknya orang yang berlalu-lalang

Untuk menghasilkan foto kembang api yang stabil, Anda bisa menggunakan tripod. Tetapi untuk beberapa foto, Anda bisa bereksperimen tanpa tripod. Coba gerakkan ponsel sesaat setelah Anda menekan tombol shutter dan lihat hasilnya.

Baca Juga: Cara Mudah Hapus Account Google Utama pada Android

Itulah beberapa tips memotret kembang api menggunakan kamera ponsel. Jangan lupa membawa ponsel Anda saat keluar menyaksikan pesta kembang api di kota Anda dan mulailah berkarya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *