Cara Backup Dan Restore WhatsApp

Diposting pada

Cara Backup Dan Restore WhatsApp -Whatsapp kini menyediakan fitur untuk backup dan restore semua data chat secara praktis. Fitur ini sangat cocok untuk mentransfer data dari chat ke media gambar dan video ke ponsel pintar lainnya.

Cara Backup Dan Restore WhatsApp

Cara backup dan restore chat WhatsApp sangat mudah dilakukan sama seperti cara Aktifkan Dark Mode WhatApp. Anda bahkan tidak memerlukan aplikasi tambahan yang perlu Anda instal terlebih dahulu untuk membackup dan memulihkan data whatsapp.

Cukup dengan menggunakan fitur bawaan WhatsApp yaitu backup dan restore WhatsApp, Anda dapat membuat salinan lengkap semua data chat dan media gambar dan video.

Cara Mencadangkan & Mengembalikan Obrolan WhatsApp

Untuk melakukan backup dan restore data whatsapp, Anda hanya perlu melalui beberapa langkah saja. Namun pastikan Anda terkoneksi dengan jaringan internet, karena melakukan backup dan restore ini membutuhkan jaringan internet.

Jika HP kamu terkoneksi dengan jaringan internet, kamu bisa langsung mencoba tutorial cara backup dan restore chat whatsapp di bawah ini mulai dari cara backup pertama.

Cara Membuat Cadangan Obrolan WhatsApp

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda harus terhubung ke internet terlebih dahulu. Hal ini agar wa chat anda bisa di-backup dengan baik dan tanpa masalah.

Ikuti cara backup chat wa di bawah ini:

  • Buka aplikasi whatsapp di smartphone kamu.
  • Kemudian masuk ke menu Setting> Chat.
  • Pilih menu Back up chats.
  • Ketuk opsi Cadangkan ke Google Drive.
  • Tentukan jangka waktu untuk membuat cadangan secara otomatis.
  • Pilih akun Google yang ingin Anda hubungkan ke WhatsApp Anda.
  • Whatsapp akan meminta izin, ketuk opsi Izinkan.
  • Jika email muncul di Akun Google Anda, maka akun Google dan WA Anda telah terhubung.
  • Untuk melakukan pencadangan manual, ketuk tombol BACKUP.
  • Kemudian tunggu saja proses backup selesai. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung dari kecepatan internet Anda dan jumlah konten chat serta media gambar dan video di akun WhatsApp Anda.

Cara Mengembalikan Obrolan WhatsApp

Jika Anda sudah memiliki file cadangan yang disimpan di akun Google Drive Anda, maka Anda dapat memulihkan atau memulihkan obrolan di akun WhatsApp Anda kapan saja.

Berikut cara mengembalikan chat WhatsApp melalui Google Drive:

  • Pastikan aplikasi WhatsApp Anda baru atau belum masuk.
  • Kemudian login menggunakan nomor ponsel Anda.
  • Tunggu SMS masuk dengan kode verifikasi login.
  • Masukkan kode verifikasi sesuai yang ada di sms.
  • Berikan izin jika aplikasi whatsapp meminta akses untuk memulihkan.
  • Kemudian tap tombol Restore lalu pilih akun google yang berisi file backup chat dari akun whatsapp kamu.
  • Terakhir tunggu saja sampai pemulihan data wa selesai.

Begitulah cara backup dan restore chat WhatsApp yang bisa anda gunakan untuk memindahkan data ataupun mengembalikan chat WA yang terhapus. Sangat mudah bukan?

Tidak Dapat Mencadangkan Kembalikan Obrolan WA

Cara backup dan restore chat di WhatsApp sebenarnya sangat mudah dan singkat. Namun sebagian orang yang ingin mencobanya kerap mengalami beberapa kendala.

Jika Anda juga salah satu orang yang mengalami masalah saat ingin melakukan backup atau restore data WhatsApp. Maka Anda harus memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

Bagaimana Cara Backup Dan Restore ?

  1. Gunakan Aplikasi Whatsapp Resmi

Pastikan Anda menggunakan aplikasi WhatsApp resmi dari Playstore dan Appstore. Pasalnya, beberapa aplikasi mod whatsapp memiliki bug atau celah yang mengakibatkan masalah dalam melakukan backup dan restore chat WA.

  1. Gunakan Aplikasi Whatsapp Terbaru

Padahal fitur backup dan restore chat di aplikasi WA ini sudah cukup lama. Namun, sebagian orang masih menggunakan aplikasi WhatsApp yang sudah ketinggalan zaman. Jadi, pastikan untuk mengupdate aplikasi whatsapp ke versi terbaru.

  1. Jaringan Internet Saat Ini

Jaringan internet juga berperan penting dalam membackup dan memulihkan chat WA. Internet yang cepat dan stabil dapat merampingkan proses backup dan memulihkan data WhatsApp Anda.

Jaringan internet yang lambat biasanya akan menghambat proses backup dan restore. Itu bahkan membuat proses berhenti di tengah jalan, menyebabkan kesalahan.

  1. Pastikan Kuota Google Drive Masih Tersedia

Faktor terakhir yang sering membuat proses backup chat WhatsApp bermasalah adalah karena kuota Google Drive yang sudah penuh. Meskipun Google Drive memberikan kuota 15 GB secara gratis, Anda harus memeriksa apakah kuota Anda mencukupi atau tidak sebagai tempat penyimpanan file cadangan.

Terlebih lagi, jika chat WhatsApp Anda memiliki banyak media foto dan video, maka Anda harus memastikan kuota Google Drive mampu memenuhi ukuran file backup.

One thought on “Cara Backup Dan Restore WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *